Seputar Peradilan

 

 

Senin, 19 Juni 2017, Acara bimbingan mental di Pengadilan Agama Bogor dimulai sejak pukul 08.00 WIB, bimbingan mental kali ini terasa berbeda karena merupakan bimbingan mental terakhir di bulan suci ramadhan 1438 H. Acara ini dimulai dengan pembukaan yang disampaikan oleh pembawa acara yaitu Sdr. Irvan Suryana, S.H., untuk kemudian dilanjutkan dengan tausiyah yang disampaikan oleh Bpk. H. Dedih Marjuki (Panitera Pengadilan Agama Bogor).

 

Dalam Tausiyahnya Bpk. Dedih menyampaikan bahwa sebaik-baiknya bekal yang selalu dibawa oleh manusia adalah amal perbuatan, apalagi disaat menjelang akhir bulan suci ramadhan kali ini, maka kita selaku umat manusia harus memperbanyak kualitas dan kuantitas ibadah kita seperti memperbanyak dzikir kepada Allah SWT. Rasulullah SAW telah memberikan contoh kepada kita selaku umatnya, bahwa di 10 hari terakhir ramadhan beliau melakukan itikaf di masjid dalam rangka mencari dan memperoleh keridhaan dari Allah SWT.

Setelah tausiyah singkat diberikan, acara kemudian dilanjutkan dengan pengarahan dari Bpk. DR. Drs. H. Muslikin, M.H. (Wakil Ketua Pengadilan Agama Bogor), dalam kesempatan ini beliau mengingatkan agar pengisian buku induk keuangan perkara harus segera berbasis SIPP tidak hanya SIADPA, selain itu beliau juga mengingatkan agar pengisian aplikasi SIPP dilakukan secara disiplin dan teratur agar tidak menghambat kinerja yang lainnya seperti dalam hal pembuatan akta cerai. Maka bagi para pegawai yang terlibat dalam pengisian aplikasi SIPP seperti kasir, panitera pengganti dan hakim agar secara disiplin dan rutin mengisi aplikasi SIPP, dan diakhir pengarahannya beliau juga meminta maaf kepada seluruh pegawai Pengadilan Agama Bogor, apabila terdapat salah kata dan perbuatan yang dlakukan selama ini.

Pengarahan kemudian dilanjutkan oleh Bpk. DR. Drs. H. Sirajuddin Sailellah, S.H., M.H.I. (Ketua Pengadilan Agama Bogor), dalam pengarahannya beliau menyampaikan bahwa diakhir bulan ramadhan mari kita sama-sama memaksimalkan ibadah kita karena tidak ada jaminan bagi kita untuk bertemu kembali dengan bulan ramadhan tahun depan, walaupun tentu kita sangat berharap untuk dipertemukan kembali dengan ramadhan tahun depan, kemudian beliau juga menyampaikan agar arahan yang disampaikan oleh Bapak Wakil Ketua Pengadilan Agama Bogor untuk segera diimplemenntasikan dengan baik, selanjutnya beliau juga mengucapakan terimakasih kepada seluruh pegawai Pengadilan Agama Bogor yang telah membantu mensukseskan acara buka puasa bersama yang diadakan pada hari kamis yang lalu, dan beliau pun meminta maaf kepada pegawai yang tidak dikabulkan izin cutinya atau pun yang semula dikabulkan izin cutinya kemudian ditarik kembali atau dibatalkan, hal ini semata-mata karena menjalankan aturan yang telah ditetapkan oleh Presiden R.I.

 

adm @z_m