Seputar Peradilan

Acara Pelepasan Mahasiswa UIN Bandung, Acara Pelantikan dan Pengantar Alih Tugas, dan Acara Halal Bihalal dan Syukuran Kenaikan Kelas I A

1 

 

Jumat, 21 Juli 2017 bertepatan dengan tanggal 27 Syawal 1438 H, Pengadilan Agama Bogor mengadakan beberapa acara, yaitu Acara Pelepasan Mahasiswa UIN Bandung, Acara Pelantikan dan Pengantar Alih Tugas, dan Acara Halal Bihalal dan Syukuran Kenaikan Kelas I A.

Acara Pelepasan Mahasiswa UIN Bandung dimulai pada pukul 08.30 WIB, dengan dimoderatori oleh Asti  Mayang Sari dan Dhea Nur’alia Kamal (mahasiswa UIN Bandung), acara kemudian dilanjutkan dengan sambutan dari dosen pembimbing mahasiswa dari UIN Bandung. Dalam sambutannya Ketua Pengadilan Agama Bogor menyampaikan bahwa beliau sangat mengharapkan dengan kuliah praktek di Pengadilan Agama Bogor ini dapat memotivasi para mahasiswa untuk berkarier di dunia pengadilan seperti dengan menjadi hakim kelak dimasa yang akan datang

 2

Selesai acara pelepasan mahasiswa UIN Bandung, Pengadilan Agama Bogor kemudian melangsungkan acara pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan Panitera Muda Gugatan (atas nama Hj. Nuryani, S.Ag.) dan Panitera Pengganti (atas nama Ika Mulianita, S.E., S.H.), semoga pejabat yang baru dilantik dapat menjalankan tugasnya dengan baik dan berprestasi.

 3

Dalam acara pengantar alih tugas, terdapat lima pegawai yang dialih tugaskan dari Pengadilan Agama Bogor, yaitu :

  1. Drs. H. Darul Palah menjadi Wakil Ketua Pengadilan Agama Gunung Sugih;
  2. Dra. Nurmiwati, M.H., menjadi Wakil Ketua Pengadilan Agama Cilegon;
  3. Achmad Chotib Asmita, S.Ag., menjadi Panitera Pengganti PTA Jawa Barat;
  4. Maksum, S.Ag., menjadi Panitera Muda Permohonan Pengadilan Agama Cibinong;
  5. Taufik Maulani, S.H., menjadi Pelaksana PTA Jawa Barat.

Dan acara terakhir, yaitu acara halal bihalayang berlangsung ba’da Dzuhur (ba’da Shalat Jum’at), dimulai dengan pembukaan yang dipandu oleh Bapak Uu Lukmanul Hakim, S.Ag., S.H, acara kemudian dilanjutkan dengan pembacaan ayat suci Al-Qur’an yang dibacakan oleh Sdr. Deden (mahasiswa UIN Bandung), lalu sambutan-sambutan yang diawali oleh sambutan dari Ketua Pengadilan Agama Bogor (Bapak DR. Drs. H. Sirajuddin Sailellah, S.H., M.H.I.), dalam sambutannya beliau menyampaikan ucapan terimakasih kepada para tamu undangan yang telah hadir, diantaranya : Kepala Biro Keuangan Mahkamah Agung, Ketua dan Wakil Ketua Pengadilan Agama Depok, dan Ketua Pengadilan Agama Cibinong, tak lupa beliau juga menyampaikan bahwasannya kenaikan kelas Pengadilan Agama Bogor dari kelas IB menjadi kelas IA merupakan hasil kerja bersama dari seluruh warga Pengadilan Agama Bogor, layaknya jargon HUT RI ke-72, yaitu Kerja Bersama.

Sambutan selanjutnya disampaikan oleh Kepala Biro Keuangan Mahkamah Agung (Bapak Sutisna, S.Sos., M.Pd.), beliau menyampaikan bahwa apa yang telah diraih oleh Pengadilan Agama Bogor berupa kenaikan kelas merupakan suatu nikmat dari Allah SWT, sehingga patut dan harus disyukuri. Wujud dari rasa syukur itu adalah dengan peningkatan kinerja dan prestasi kerja. Beliau pun menyatakan kekaguman atas kepemimpinan pimpinan Pengadilan Agama Bogor saat ini yang telah membuat peningkatan yang pesat dalam hal kinerja satuan kerja.

Acara dilanjutkan dengan tausiyah yang disampaikan oleh Ust. Gugun Gunarsyah, M.H.I. Dalam tausiyahnya beliau menyampaikan mengenai pentingnya mempererat ukhuwah dan kegiatan halal bihalal merupakan salah satu cara untuk mewujudkannya. Beliau pun mengingatkan bahwa setiap tindak laku manusia akan dimintai pertanggungjawabannya dihadapan Allah SWT kelak, dimulai dari pertanyaan mengenai waktu yang dihabiskan selama hidup untuk apa?, ilmu yang dimiliki selama hidup digunakan untuk apa? Hingga pertanyaan mengenai harta yang diperoleh selama hidup dibelanjakan untuk apa? Oleh karena itu kita sebagai manusia harus berhati-hati dalam hidup, hindari segala bentuk perbuatan yang sia-sia apalagi perbuatan yang bisa menimbulkan kebencian dari Allah SWT.

Setelah pemberian tausiyah dari Ust. Gugun Gunarsyah, M.H.I., acara kemudian ditutup dengan pembacaan do’a yang dipimpin oleh Panitera Pengadilan Agama Bogor (Bapak Drs. H. Dedih Marjuki).