Seputar Peradilan

TIM MONITORING DAN EVALUASI MEDIASI DI PENGADILAN AGAMA BOGOR KELAS 1A

Ketua Pengadilan Agama Bogor Kelas 1A DR. Drs. H. Sirajuddin Sailellah, S.H., M.H.I., didampingi oleh Wakil Ketua  Pengadilan Agama  Bogor Kelas 1A DR. H. Muslikin, M.H., Panitera Pengadilan Agama Bogor Kelas 1A Drs. H. Dedih Marjuki dan Sekretaris Pengadilan Agama Bogor Kelas 1A Sumaryati, S.H. menerima Tim Monitoring dan Evaluasi yang terdiri atas Kelompok Kerja Alternatif Penyelesaian Sengketa/Mediasi Mahkamah Agung dengan didukung oleh SUSTAIN EU-UNDP, bertempat diruang kerja Ketua Pengadilan Agama Bogor Kelas 1A pada hari Rabu tanggal 22 November 2017.WhatsApp Image 2017 11 23 at 08.24.37

Tim Monev yang terdiri dari Edy Wibowo, S.H., M.H. (Asisten Ketua Kamar Pembinaan), Rahmat Arijaya, S.Ag. (Staf Ditjen Badan Peradilan Agama ), Hariyadi, S.Kom. MH (Staf Kamar Pembinaan), Muhammad Asmuni (Peneliti) dan dari SUSTAIN EU-UNDP Fatahillah dan Devy. Tim Monev juga didampingi oleh Hakim Tinggi Drs. Tata Sutayuga, S.H., M.H. dan Panitera Pengganti Achmad Chotib Asmita, S.Ag. dari Pengadilan Tinggi Agama Jawa Barat.

Tim Monev dalam pelaksanannya melakukan kegiatan penelaahan berkas yang dimediasi dan wawancara individu terhadap Ketua Pengadilan, Wakil Ketua Pengadilan, Hakim, Panitera, Sekretaris, Panitera Muda Gugatan, Petugas administrasi mediasi, Advokat, para pihak berperkara dan Mediator Non Hakim .

Kegiatan Monev tersebut bertujuan untuk memperoleh potret realitas pelaksanaan mediasi di beberapa Pengadilan Negeri dan Agama percontohan mediasi sebagai implementasi dari Peraturan Mahkamah Agung Nomor 1 tahun 2016 tentang Prosedur Mediasi di Pengadilan sebagai upaya untuk meningkatkan keberhasilan penyelesaian sengketa secara damai di Pengadilan dan meningkatkan akses masyarakat terhadap keadilan serta menjamin proses peradilan yang sederhana, cepat dan biaya murah. Hal ini akan menjadi dasar pengambilan kebijakan Mahkmaah Agung yang tepat di masa depan.

Web Mediasi 5

Pada hari kedua Kamis tanggal 23 November 2017 dilakukan expose oleh Bapak Rahmat Arijaya, S.Ag. disertai tanya jawab kepada para hakim yang sangat antusias dalam menjalankan Peraturan Mahkamah Agung Nomor 1 tahun 2016 juga disampaikan pula hasil penilaian/assesment Tata Kelola Mediasi dengan nilai faktual 85 nilai prosentasi 82% dengan tingkat capaian predikat Baik sebagai bahan perbaikan mediasi yang ada di Pengadilan Agama Bogor Kelas 1A dan diserahkan hasilnya melalui Hakim Tinggi Drs. Tata Sutayuga, S.H., M.H.

Web Mediasi 3Web Mediasi 6

Acara expose ditutup dengan berfoto bersama Tim Monev dan jajaran Pengadilan Agama Bogor Kelas 1A. (Humas_PA_Bogor/SH)