Seputar Peradilan

Apresiasi untuk Hakim dan Tenaga Kepaniteraan PA Bogor

Ketua Pengadilan Agama Bogor Dr. Drs. H. Sirajuddin Sailellah, S.H., M.H.I memberikan apresiasi yang tinggi kepada seluruh hakim dan tenaga kepaniteraan.

Berkat kerja keras seluruh unsur, kini peringkat PA Bogor dalam kinerja penanganan perkara naik cukup signifikan.

"Jika beberapa pekan lalu kita peringkat 92, sekarang kita peringkat 47," ujar Ketua PA Bogor, ketika memberikan pembinaan di hadapan para hakim dan pegawai, Senin (3/12/2018) pagi.

Peringkat yang dimaksudkannya ialah peringkat kinerja penanganan perkara yang dirilis Direktorat Jenderal Badan Peradilan Agama Mahkamah Agung tiap hari Jumat.

Ditjen Badilag membagi 411 pengadilan agama/mahkamah syar’iyah menjadi lima kategori berdasarkan jumlah perkara yang ditangani.

PA Bogor, yang dalam setahun menangani sekitar 2500 perkara, masuk kategori III. Pada kategori ini terdapat 100 satker.

Berdasarkan data yang dirilisi Ditjen Badilag pada akhir pekan kemarin, perkara yang diputus PA Bogor sejauh ini 83,68% dan minutasinya 99,80%. Dengan demikian, kinerja PA Bogor mencapai 91,74%.

Ketua PA Bogor berharap, menjelang tutup tahun, percepatan pemutusan dan peminutasian perkara terus ditingkatkan.

“Dan jangan lupa, langsung diinput di SIPP, baik data persidangan maupun amar putusan,” ujarnya.

Ia mengatakan, pada Senin pagi ini, masih terdapat 312 perkara yang belum diputus. Harapannya, di akhir tahun, yang tersisa tidak lebih dari 200 perkara atau 10 persen.

"Target kita, kinerja penanganan perkara kita masuk lima besar,” Ketua PA Bogor menegaskan. Ia yakin, dengan kerja keras seluruh unsur, target itu dapat tercapai.

[HH]