Seputar Peradilan

Dihadiri Wali Kota, Ketua PA Bogor Melantik Wakil Ketua dan Lima Hakim

Ketua Pengadilan Agama Bogor Kelas IA Dr. H. Sirajuddin Sailellah, S.H., M.HI melantik dan mengambil sumpah Wakil Ketua dan lima hakim PA Bogor, Jumat (11/1/2019).

Dr. H. Acep Saifuddin, S.H., M.Ag, yang sebelumnya berstatus Ketua PA Cikarang Kelas IB, dilantik menjadi Wakil Ketua PA Bogor.

Adapun lima orang yang dilantik menjadi hakim PA Bogor adalah Drs. H. Ismet Ilyas, S.H. (PA Jakarta Timur); Drs. Azwar, S.H., M.EI (PA Jakarta Timur), Hj. Nuroniah, S.H., M.H. (PA Jakarta Timur), Drs. Tatang Sutardi, M.H.I (PA Ciamis), dan Dra. Hj. Medang, M.H. (PA Gorontalo).

Pada kesempatan yang sama, Ketua PA Bogor melantik Zikri Muliansyah, S.H., sebagai jurusita. Sebelumnya ia adalah pelaksana pada kesekretariatan PA Bogor.

Acara pelantikan yang diselenggarakan di ruang siding utama PA Bogor ini terbilang istimewa, lantaran dihadiri Wali Kota Bogor Dr. Bima Arya Sugiarto dan sejumlah unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah.

“Inilah pertama kali pelantikan hakim PA Bogor dihadiri oleh Wali Kota,” ujar Ketua PA Bogor.

Kepada Wakil Ketua, hakim dan jurusita yang baru saja dilantik, Ketua PA Bogor menekankan bahwa kultur yang dibangun di PA Bogor ialah kultur kesetaraan dan kekompakan.

“Kita di sini sama. Kita sejajar. Hanya selembar SK saja yang berbeda. Kebetulan, saya diberi amanah untuk memimpin,” ujarnya.

Ketua PA Bogor mengingatkan, tugas utama PA Bogor adalah memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat, sesuai dengan kedudukan dan kompetensinya.

“Mari kita jaga PA. Ini milik rakyat. Tugas kita melayani, bukan mempersulit masyarakat,” tuturnya.

Lebih lanjut, ia berharap agar bertambahnya jumlah SDM ini berdampak positif kepada kinerja dan pelayanan PA Bogor.

“Mudah-mudahan kehadiran Bapak-bapak dan Ibu-ibu dapat memperkuat PA Bogor, khususnya dalam rangka mempercepat penyelesaian perkara,” ujarnya.

Dalam momen ini, sebagai tanda “selamat datang”, Ketua PA Bogor memberikan cinderamata berupa baju kepada Wakil Ketua, hakim dan jurusita yang baru saja dilantik.

Baju tersebut sebagai simbol identitas baru, sekaligus sebagai pertanda telah diterima sebagai anggota keluarga besar PA Bogor.

[hh]