Seputar Peradilan

Terima Kasih, Pak Waka ....

Seusai pelantikan dan pengambilan sumpah Wakil Ketua, lima hakim dan jurusita baru, Pengadilan Agama Bogor  Kelas IA menggelar acara pelepasan Wakil Ketua dan dua hakim lama.

Mereka yang dilepas adalah Dr. H. Muslikin, M.H., mantan Wakil Ketua PA Bogor yang dimutasi menjadi Wakil Ketua PA Palembang Kelas IA (Sumatera Selatan); Uu Lukmanul Hakim, S.Ag., S.H. yang dipromosikan menjadi Wakil Ketua PA Sintang Kelas II (Kalimantan Barat) dan Drs. H. Saprudin, S.H. yang dimutasi ke PA Kebumen Kelas IA (Jawa Tengah).

Ketua PA Bogor Dr. H. Sirajuddin Sailellah, S.H., M.HI mengucapkan selamat berpisah dan berterima kasih atas pengabdian yang telah diberikan kepada PA Bogor.

Secara khusus, orang nomor satu di PA Bogor itu memberi apresiasi kepada Dr. H. Muslikin, M.H. yang telah mendampinginya memimpin PA Bogor selama tiga tahun.

“Selama tiga tahun bersama, kita punya banyak prestasi: Naik kelas dari kelas IB menjadi kelas IA, sertifikat ISO hingga akreditasi. Itu berkat Pak Wakil,” ujarnya.

Ia pun mendoakan agar “Pak Waka”--demikian sapaan kesehariannya--sukses meniti karir dan mengabdi di PA yang berada di ibu kota provinsi Sumatera Selatan.

Sebagai informasi, Dr. H. Muslikin, M.H. lahir di Demak, Jawa Tengah, pada 17 Agustus 1969. Ia memulai pengabdiannya sebagai calon hakim pada tahun 1995 di PA Sorong, Papua.

Empat tahun kemudian, alumnus IAIN Wali Songo Semarang itu dimutasi menjadi hakim PA Pangkajene, Sulawesi Selatan. Kemudian, sejak 2003, ia dipindah menjadi hakim PA Cibinong, Jawa Barat.

Setelah delapan tahun di PA Cibinong, peraih gelar doctor dari UIN Sunan Gunung Djati Bandung itu dipromosikan menjadi Wakil Ketua PA Kota Banjar Kelas II pada 2011.

Dari Jawa Barat, dua tahun kemudian, ia dipromosikan menjadi Ketua PA Magelang Kelas II, Jawa Tengah. Lantas, dua tahun berselang, ia dipromosikan mejadi Wakil Ketua PA Bogor Kelas IB.

Ketika PA Bogor berhasil naik kelas dari kelas IB menjadi kelas IA, dua tahun lalu, ia tetap menjabat Wakil Ketua PA Bogor. Kini, setelah tiga tahun, ia dipindah menjadi Wakil Ketua PA Palembang Kelas IA.

“Terima kasih atas kerja sama yang baik selama ini. Mohon maaf, sekiranya ada hal-hal yang kurang berkenan. Mohon doanya,” kata Dr. H. Muslikin, kepada seluruh aparatur PA Bogor.

[hh]