Seputar Peradilan

Ulang Tahun Ketua PA Bogor Dirayakan di “Kantin Nusantara”

Ada yang berbeda siang itu. Sebuah tumpeng berisikan nasi kuning, ayam goreng, telur asin, teri, tempe, urap dan menu-menu tradisional lainnya terhidang bersama dengan beberapa sisir pisang dan kue tar, di sebuah meja di lantai dua gedung Pengadilan Agama Bogor. Ada pula jajanan pasar di sebuah nampan bulat dan di atasnya tertempel tulisan “HBD Bapak Kami”.

Rupanya ada yang sedang merayakan hari lahirnya. Ia tak lain adalah Dr. H. Sirajuddin Sailellah, S.H., M.HI—sosok yang sejak tiga tahun terakhir ini menahkodai PA Bogor.

Senin siang (14/1/2019) itu, Pak Ketua—demikian ia biasa disapa—merayakan ulang tahunnya yang ke-51. Ia lahir pada 13 Januari 1968 di Sungguminasa, Sulawesi Selatan.

“Selamat ulang tahuuun,” teriak para hakim dan pegawai PA Bogor, sebelum menikmati sajian istimewa itu.

Ketua PA Bogor sengaja tidak merayakan miladnya di hotel atau di restoran, tetapi di tempat berkumpul yang terletak di lantai dua gedung PA Bogor. Tempat ini dinamainya “Kantin Nusantara”.

“Kantin Nusantara” merupakan tempat makan siang bersama seluruh unsur di PA Bogor, mulai pimpinan, hakim, pejabat struktural dan fungsional, staf hingga tenaga honorer.

Di “Kantin Nusantara”, menu makan siang disiapkan oleh tiap kelompok yang jadwalnya telah dibagi. Tiap kelompok terdiri dari beberapa orang. Dan, untuk menyiapkan menu makan siang, tiap orang harus urunan.

“Bagi yang sudah punya NIP, urunan Rp200 ribu per bulan, dan bagi yang belum punya NIP, urunan Rp20 ribu per bulan,” ujar Pak Ketua.

Ia mengungkapkan, “Kantin Nusantara” dibentuk terutama untuk menjaga kebersamaan dan kekompakan seluruh unsur di PA Bogor.

Start dari Majene

Di usianya yang ke-51 ini, Dr. H. Sirajuddin Sailellah, S.H., M.HI telah mengabdikan diri selama 25 tahun di lembaga peradilan.

Total sudah tujuh satker yang pernah ditempatinya. Mula-mula ia menjadi PNS/Calon Hakim di PA Majene pada tahun 1994. Empat tahun kemudian ia dimutasi menjadi hakim PA Watansoppeng.

Pada tahun 2003, ia dipindah ke PA Masamba. Setahun kemudian, karirnya mulai menanjak ketika dilantik menjadi hakim PA Jakarta Barat, sekaligus menjadi hakim yustisial di Mahkamah Agung. Kala itu, ia menjadi asisten hakim agung Prof. Rifyal Ka’bah (alm).

Setelah sekitar Sembilan tahun jadi hakim yustisial di MA, Dr. H. Sirajuddin Sailellah, S.H., M.HI dipromosikan menjadi Wakil Ketua PA Bekasi pada tahun 2013.

Dua tahun berselang, pada tahun 2015 ia dipromosikan menjadi Ketua PA Bogor. Amanah itu diembannya hingga kini.

[hh]