Seputar Peradilan

Ketua KY Berkunjung ke PA Bogor

Ketua Komisi Yudisial Dr. Jaja Ahmad Jayus, S.H., M.Hum mengunjungi Pengadilan Agama Bogor, Jumat (28/6/2019) pagi. Kunjungan itu dimaksudkan untuk memberikan pembinaan mengenai kode etik dan perilaku hakim. 

Pimpinan, para hakim dan aparatur PA Bogor menyambut pejabat negara ber-nopol RI 11 itu dengan hangat.

Ketua PA Bogor Drs. H. Slamet Turhamun, M.H. mengatakan, dikunjungi oleh Ketua KY merupakan suatu kehormatan tersendiri, meskipun kunjungan ini terbilang mendadak. "Kemarin baru dikabari," ujarnya.

Selama sekitar dua jam, di ruang sidang utama PA Bogor, Ketua KY memaparkan temuan-temuan yang didapatkan KY selaku lembaga pengawas eksternal lembaga peradilan. Di antaranya hubungan hakim dengan advokat yang terlalu dekat, ketidaksinkronan produk hakim, PP dan JSP, eksekusi yang berlebihan, penggunaan media sosial yang tidak tepat, hingga fenomena perselingkuhan. 

"Tapi itu tidak terjadi di PA Bogor," tuturnya, yang disambut senyum para hakim.

Pada kesempatan ini Ketua KY juga menguraikan selintas mengenai konsep shared of responsibility atau pembagian tanggungjawab antara KY dan MA, independensi dan akuntabilitas lembaga dan personal, promosi-mutasi, kenaikan gaji dan tunjangan jabatan, serta penyediaan rusun untuk para hakim. [hh]