Seputar Peradilan

Jumlah dan Komposisi Hakim PA Bogor Berubah

Memasuki semester kedua tahun 2019, jumlah dan komposisi hakim Pengadilan Agama Kelas IA Bogor mengalami perubahan cukup signifikan.

Dari segi jumlah, ada penambahan tiga orang, dari 14 orang menjadi 17 orang. Dua di antaranya menduduki jabatan Ketua dan Wakil Ketua PA Bogor.

Baik Ketua maupun Wakil Ketua PA Bogor mengalami pergantian. Sebelumnya PA Bogor diketuai oleh Dr. Drs. H. Sirajuddin Sailellah, S.H., M.H.I. yang sekarang dimutasi menjadi Ketua PA Jakarta Pusat. Ia digantikan oleh Drs. H. M. Slamet Turhamun, M.H. yang sebelumnya menjabat Wakil Ketua PA Tangerang.

Wakil Ketua PA Bogor sebelumnya, Dr. H. Acep Saifuddin, S.H. M.Ag, kini dimutasi menjadi Wakil Ketua PA Bekasi. Ia digantikan oleh Drs. H. Nemin Aminuddin, S.H., M.H. yang sebelumnya menjabat Wakil Ketua PA Metro.

Selain itu, Fatullah, S.Ag, salah seorang hakim PA Bogor dipromosikan menjadi Wakil Ketua PA Mukomuko.

Di sisi lain, ada tiga hakim yang masuk ke PA Bogor. Mereka adalah Dra. Hj. MUKASIPA, M.H. PA Jakarta Utara, Drs. Sangidin, S.H., M.H. dari PA Sumber dan Dra. Salmah ZR dari PA Sengkang.

NO

NAMA

JABATAN

1

Drs. H. M. SLAMET TURHAMUN, M.H.

Ketua

2

Drs. H. NEMIN AMINUDDIN, S.H., M.H.

Wakil Ketua

3

Drs. H. ISMET ILYAS, S.H.

Hakim

4

Drs. AZWAR, S.H., M.E.I.

Hakim

5

Dra. Hj. IDA ZULFATRIA, S.H., MH.

Hakim

6

Dra. Hj. NURONIAH, S.H., M.H.

Hakim

7

Drs. M. ARSYAD HARAHAP, S.H.

Hakim

8

Dra. SULFITA NETTI, S.H., M.H.

Hakim

9

Dra. SULKHA HARWIYANTI, S.H.

Hakim

10

Drs. TATANG SUTARDI, M.H.I.

Hakim

11

Dra. Hj. ST. NADIRAH, M.H.

Hakim

12

Dra. HJ. MEDANG, M.H.

Hakim

13

MUHAMMAD SIDDIK, S.Ag, M.H

Hakim

14

EFI NURHAFISAH, S.H.

Hakim

15

Dra. Hj. MUKASIPA, M.H.

Hakim

16

Drs. SANGIDIN, S.H., M.H.

Hakim

17

Dra. SALMAH ZR.

Hakim

Dari segi jenis kelamin, kini di PA Bogor terdapat 8 hakim laki-laki dan 9 hakim perempuan.

Sementara itu, dari segi pendidikan, 5 hakim bergelar S-1 dan 12 hakim bergelar S-2. Saat ini, beberapa hakim PA Bogor sedang menempuh pendidikan S-3.

“Saya berharap agar lengkapnya formasi ini membuat PA Bogor semakin maju dan semakin baik dalam memberikan pelayanan,” ujar Ketua PA Bogor, ketika memimpin upacara Senin (1/7/2019) pagi.

Dalam waktu dekat, seiring dengan berubahnya jumlah dan komposisi hakim, pimpinan PA Bogor akan mengubah susunan majelis hakim dan jadwal persidangan.

[hh]