Seputar Peradilan

PA Bogor mengikuti pembinaan teknis secara virtual

Bogor | 9 April 2021

Ketua, Wakil, Hakim, Panitera dan Sekretaris mengikuti Pembinaan Teknis Secara Virtual di ruang Lobby atas Pengadilan Agama Bogor dan diikuti seluruh 4 Badan Peradilan di bawah Mahkamah Agung. Dengan tetap mematuhi protocol kesehatan, yaitu dengan menjaga jarak dan memakai masker.

WhatsApp Image 2021 04 09 at 09.53.43 4Peserta menyimak sambutan KMA

Penyelenggaraan Pembinaan oleh Mahkamah Agung dan dilakukan dengan metode tatap muka di Ruang Foye Ballroom Hotel Sheraton Bali dan secara daring untuk 4 lingkungan Peradilan seluruh Indonesia.

Ketua Mahkamah Agung Prof. Dr. Muhammad Syarifuddin, S.H., M.H. membuka langsung Pembinaan Teknis Secara Virtual.

Mahkamah Agung telah menerbitkan Perma Nomor 3 Tahun 2021 tentang Larangan Pungutan Terkait Pengambilan Sumpah atau Janji Advokat norma-norma yang diatur di antaranya larangan membebankan biaya kepada advocat yang hendak dilantik, kecuali biaya PNBP dan Honorium yang melantik dan pelaksanaannya harus di gedung Pengadilan Tinggi, ujar KMA.

WhatsApp Image 2021 04 09 at 09.53.43Peserta menyimak materi pembinaan

Pemateri pertama Wakil Ketua Bidang Yudisial Mahkamah Agung Dr. Andi Samsan Nganro, S.H., M.H. menyampaikan bahwa Hakim yang baik tidak hanya cukup dengan profesionalitasnya, namun tetap harus dikawal dengan integritas yang tinggi dan jangan membanding-bandingkan setiap perkara, ini perkara mudah, ini perkara sulit sehingga berbeda perlakuannya/pertimbangannya. Semua perkara itu sama, semua perkara akan dipertanggungjawabkan. Ujar Waka MA Yudisial.

Pemateri kedua Wakil Ketua Bidang Yudisial Mahkamah Agung DR. H. Sunarto, S.H., M.H. menyampaikan dalam bekerja hindari 3H mulai dari jenjang tertinggi sampai ke jenjang terandah di kantor, pertama Harried setiap melakukan sesuatu terburu-buru seolah-olah kehabisan waktu, kedua Humorless tidak memiliki selera humor dan ketiga Hostile di lingkungan kerja hidup dalam permusuhan. Ujar Waka MA Non Yudisial.

Selain itu lakukan 3H di lingkungan kerja, pertama Head menjadi sumber gagasan dan pemikiran, kedua Heart menjadi sumber niat dan tekat dan ketiga Hand sarana untuk mewujudkan gagasan dan kehendak. Ujar Waka MA Non Yudisial.

WhatsApp Image 2021 04 09 at 09.53.44Peserta menyimak materi pembinaan

Ketua Kamar TUN, Ketua Kamar Agama, Ketua Kamar Pidana, Ketua Kamar Perdata secara berurutan menyampaikan materi pembinaannya hingga jam istirahat Pukul 11.30 WITA (12.30 WIB). selanjutnya pembinaan akan dilanjutkan kembali pada pukul 13.30 WITA.