Seputar Peradilan

PA Bogor Raih Penghargaan Terbaik dalam Penanganan Perkara Tahun 2021

Bandung l pa-bogor.go.id

Pengadilan Tinggi Agama (PTA) Bandung menganugerahkan penghargaan kepada Pengadilan Agama (PA) Bogor sebagai pengadilan berkinerja terbaik dalam penanganan perkara tahun 2021 untuk kategori pengadilan dengan jumlah perkara antara 1001 hingga 2500.

 Piagam Penghargaan Peringkat 1 dari PTA Bandung

PA Bogor meraih peringkat satu. Unggul dari PA Kota Tasikmalaya dan PA Cirebon yang berada di peringkat kedua dan ketiga.

Penghargaan tersebut diserahkan Ketua Kamar Agama Mahkamah Agung Prof. Dr. H. Amran Suadi, S.H., M.Hum., M.M., kepada Ketua PA Bogor Drs. Nasrul, M.A., pada rapat kerja yang diselenggarakan PTA Bandung pada Rabu (19/01/2022).

"Alhamdulillah, PA Bogor mendapat kenangan di awal tahun. Terima kasih kepada seluruh hakim dan pegawai PA Bogor atas raihan ini," ujar Ketua PA Bogor.

Ada tiga parameter penilaian yang digunakan PTA Bandung untuk menentukan peringkat pengadilan, yaitu kecepatan memutus perkara, minutasi dan upload putusan melalui Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP).

Hasil penilaian itu kemudian dituangkan pada sertifikat penghargaan yang ditandatangani oleh Ketua PTA Bandung Dr. H. Bahruddin Muhammad, S.H., M.H.

 Piagam Penghargaan Peringkat 1 dari PTA Bandung

Sepanjang tahun 2021, PA Bogor menangani 2134 perkara. Dari jumlah itu, 2070 perkara atau 97 persentelah berhasil diputus, dan hanya 64 perkara atau sekitar 3 persen yang belum diputus.

Penghargaan tersebut sekaligus menambah penghargaan bergengsi yang diraih PA Bogor pada tahun 2021. Sebelumnya PA Bogor meraih predikat sebagai PA Kelas IA terbaik dalam penilaian mediasi. Di seluruh Indonesia, saat ini terdapat 82 PA Kelas IA.

[hermansyah]